CARA PENDAFTARAN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA TA 2023/2024 TERAKHIR 31 MARET 2023

PENDAFTARAN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA TA 2023/2024 TERAKHIR 31 MARET 2023

BLOG GURU - Kurang 1 hari lagi menuju tanggal batas akhir Pendaftaran Implementasi Kurikulum Merdeka TA 2023/2024 yang lebih tepatnya 31 Maret 2023.

Bagi Kepala Sekolah yang belum melaksanakan proses Pendaftaran Implementasi Kurikulum Merdeka TA 2023/2024 sebagai bentuk kesiapan kurikulum yang akan dilakukan di masing-masing sekolah, maka segera laksanakan proses pendaftaran untuk dapat melakukan pilihan.

Bentuk pilihan Kurikulum Merdeka apa yang akan dilaksanakan, apakah Kurikulum Merdeka Mandiri Belajar, Mandiri Berubah, atau Mandiri Berbagi. Bapak dan ibu Blog Guru dapat menyesuaikan kemampuan sekolah sesuai kondisi, mana yang akan dipilih.

Untuk dapat melakukan proses Pendaftaran Implementasi Kurikulum Merdeka TA 2023/2024 yang tinggal 1 (satu) hari ini, bagi bapak dan ibu Blog Guru khususnya Kepala Sekolah, mengingat proses pendaftaran ini menggunakan Akun Kepala Sekolah, maka simak baik-baik bagaimana Cara Pendaftaran Implementasi Kurikulum Merdeka TA 2023/2024.

CARA PENDAFTARAN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA TA 2023/2024

CARA PENDAFTARAN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA TA 2023/2024 TERAKHIR 31 MARET 2023
Untuk dapat melakukan proses atau Cara Pendaftaran Implementasi Kurikulum Merdeka TA 2023/2024, silahkan buka layar beranda tampilan melalui portal berikut https://guru.kemdikbud.go.id/.

Untuk dapat melanjutkan proses atau Cara Pendaftaran Implementasi Kurikulum Merdeka TA 2023/2024, silahkan klik Daftar di sini, dan lanjutkan login menggunakan Akun Kepala Sekolah atau Akun Admin.

Silahkan lanjutkan proses dengan cara mempelajari antara lain: (1) Pahami Kurikulum Merdeka dan (2) Pilih opsi implementasi Murikulum Merdeka.

Pahami Kurikulum Merdeka
Pada bagian Pahami Kurikulum Merdeka silahkan klik tombol Pelajari. Bapak dan ibu Blog Guru khususnya kepala sekolah akan mempelajari 2 Video dan 1 Refleksi.

Langkah pertama, simak video 1 hingga akhir proses untuk memahami Mengenal Kurikulum Merdeka agar dapat melanjutkan proses hingga tombol Selanjutnya muncul.

Langkah kedua, simak video 2 tentang Penerapan Kurikulum Merdeka di Satuan Pendidikan hingga selesai agar dapat melanjutkan proses hingga tombol Selanjutnya muncul.

Langkah ketiga, silahkan lakukan pilihan Opsi Implementasi Kurikulum Merdeka (pilihan awal). Pada bagian ini, bapak dan ibu kepala sekolah akan diminta memilih salah satu dari empat pilihan, antara lain: Mandiri Belajar, Mandiri Berubah, Mandiri Berbagi, dan Belum Yakin. Pilihan bapak dan ibu kepala sekolah merupakan kesiapan Satuan Pendidikan. Pilihan awal yang bapak dan ibu kepala sekolah bukan merupakan pilihan final.

Silahkan pilih salah satu Opsi Implementasi Kurikulum Merdeka (pilihan awal) dan lanjut ke langkah 2 proses pendaftaran.

Pilih opsi implementasi Murikulum Merdeka
Pada tahap ini, bapak dan ibu Blog Guru khususnya kepala sekolah diminta untuk menjawab kuesioner yang tertampil pada Pilih opsi implementasi Murikulum Merdeka.

Rekomendasi opsi IKM

CARA PENDAFTARAN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA TA 2023/2024 TERAKHIR 31 MARET 2023
Setelah berhasil melakukan tahapan dari masing-masing proses Pahami Kurikulum Merdeka dan Pilih opsi implementasi Murikulum Merdeka, hasil yang sudah bapak dan ibu kepala sekolah lakukan maka akan muncul Rekomendasi opsi IKM.

Pilihan Kurikulum Merdeka yang sudah bapak dan ibu kepala sekolah lakukan dan tertampil berdasarkan hasil asesmen mandiri. Simak contoh gambar berikut: