UNDUH PEDOMAN PELAKSANAAN MPLS SD DAN MPLS TRANSISI PAUD-SD, REFERENSI!

PEDOMAN PELAKSANAAN MPLS SD DAN MPLS TRANSISI PAUD-SD

BLOG GURU - Sebagai bahan persiapan pelaksanaan MPLS SD dan MPLS Transisi PAUD-SD yang akan dilaksanakan di awal tahun ajaran baru 2023/2024, pastinya sekolah akan mempersiapkan banyak kegiatan.

Kegiatan tersebut yang saat ini perlu dipersiapkan pada awal tahun ajaran baru adalah Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru dan MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah).


Berbeda dengan tahun sebelumnya, saat ini di tahun ajaran baru 2023/2024, pelaksanaan MPLS SD dan MPLS Transisi PAUD-SD jenjang sekolah dasar dilaksanakan dalam rangka penguatan transisi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ke Sekolah Dasar (SD) kelas awal.

Pengenalan lingkungan sekolah bagi peserta didik baru kelas awal PAUD ke SD dilaksanakan dengan rentang waktu dua minggu pertama pada tahun ajaran baru, sedangkan untuk kelas 2 hingga kelas 6 dilaksanakan dengan rentang waktu satu minggu pertama pada tahun ajaran baru.

Kegiatan pelaksanaan MPLS Transisi PAUD-SD yang dilakukan oleh jenjang satuan pendidikan dasar, agar peserta didik merasa nyaman berkegiatan di lingkungan sekolah dengan merancang kegiatan pembelajaran yang bertujuan untuk mendapatkan potret capaian peserta didik melalui asesmen awal atau diagnosis.

ASESMEN DIAGNOSIS MPLS PAUD-SD

Pelaksanaan asesmen awal atau asesmen diagnosis dilaksanakan oleh panitia MPLS PAUD-SD dengan cara holistik, yaitu pendekatan untuk mengetahui kesiapan peserta didik secara keseluruhan sebagai persiapan proses perencanaan pembelajaran.

Menggunakan hasil asesmen awal atau asesmen diagnosis sebagai basis perencanaan kegiatan pembelajaran pada sepanjang tahun ajaran, sehingga pembelajaran pada satuan PAUD dan SD kelas awal dilaksanakan dengan mempertimbangkan kebutuhan belajar peserta didik sejak di PAUD sampai dengan kelas 2 (dua) SD.

UNDUH PEDOMAN PELAKSANAAN MPLS SD DAN MPLS TRANSISI PAUD-SD

Sebagai bahan referensi khususnya kepala sekolah, dapat menggunakan Pedoman Pelaksanaan MPLS SD dan MPLS Transisi PAUD-SD untuk digunakan dan dapat disampaikan sebagai bahan rapat persiapan pelaksanaan MPLS pada sekolahnya.


Referensi diatas ini bersifat tidak baku, kepala sekolah dapat menyusun pedoman pelaksanaan MPLS SD dan MPLS Transisi PAUD-SD sesuai dengan kondisi dan lingkungan sekolahnya.

Tidak semua peserta didik kelas awal mengikuti PAUD, persiapkan MPLS Transisi PAUD-SD secara matang agar peserta didik tetap mendapatkan haknya untuk mendapatkan pembinaan kemampuan fondasi untuk memeroleh pembelajaran selanjutnya.

UNDUH PEDOMAN PELAKSANAAN MPLS SD DAN MPLS TRANSISI PAUD-SD FILE WORD

Apabila bapak dan ibu kepala sekolah dasar berminat dengan yang admin sampaikan di atas dan menginginkan file word untuk dapat di edit sesuai dengan rencana dan kondisi MPLS SD dan MPLS Transisi PAUD-SD yang akan dilaksanakan, silahkan hubungi Admin Blog Guru melalui WhatsApp di 08223456400.

Admin Blog Guru akan mengirimkan file MPLS SD dan MPLS Transisi PAUD-SD tersebut dengan cara mengganti donasi 100 K beserta cover menggunakan power point untuk lebih mudah di edit sesuai dengan identitas lembaga.

Share atau bagikan kepada bapak dan ibu kepala sekolah jenjang satuan pendidikan agar mendapat referensi dalam mempersiapkan MPLS SD dan MPLS Transisi PAUD-SD.

Semoga bermanfaat.